Tol menjadi alternatif bagi pengendara roda empat untuk mendapatkan estimasi perjalanan lebih cepat. Namun, saat ini terdapat daftar tarif tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol-Pluit terbaru, sehingga Anda harus menyesuaikan pembayaran saat melalui jalur lingkar dalam Jakarta ini.

Jalan tol yang terbagi atas tiga ruas utama ini dioperasikan oleh dua badan perusahaan besar, yakni PT Jasamarga (persero) dan PT Citra Marga Nusapala. Infrastruktur dari jalan tol ini menerapkan elevated higway (jalan layang) dan konstruksi Sosrobahu untuk meminimalisir kemacetan para pengendara.

Tiga Ruas Utama Tol Lingkar Dalam Jakarta

Jakarta Inner Ring Road (JIRR) mempunyai tiga ruas utama yang dapat Anda lalui menggunakan kendaraan roda empat atau lebih. Rangkaian pada jalan tol ini dikhususkan untuk bagian dalam kota Jakarta saja, sehingga tidak memberikan banyak akses ke beberapa wilayah melalui jalur JIRR.

Jalur pertama yang dapat diketahui adalah jalan tol Cawang ke Pluit dan biasa disebut dengan Jakarta Intra Urban Tollroad. Disusul dengan jalur kedua, yakni jalan tol pelabuhan yang menghubungkan ruas Pluit ke Tanjung Priok di bagian utara.

Sedangkan untuk jalur ketiga, yaitu jalan tol Ir. Wiyoto Wiyono menyambungkan ruas Cawang ke kawasan Tanjung Priok bagian timur.

Jika menghadapi keadaan darurat di jalan tol, pengguna jalan dapat menghubungi call center Jasa Marga di nomor 14080 di tol manapun pengguna jalan berada.

PT Jasa Marga

Gerbang Masuk dan Keluar Tol JIRR

Jika Anda masih belum familiar mengenai tol JIRR, terdapat informasi singkat mengenai gerbang masuk dan keluar dari tol ini, sehingga Anda tidak akan kebingungan saat menggunakan jalur ini sebagai alternatif tercepat untuk sampai ke tempat tujuan.

1. Tol Pelabuhan

Untuk memasuki jalur tol pelabuhan, Anda dapat melalui gerbang masuk Kemayoran, Ancol Barat, Ancol Timur, Tanjung Priok 2, Jembatan Tiga 1, Jembatan Tiga 2, Gedong Panjang 1, dan Gedong Panjang 2.

2. Tol Ir. Wiyoto Wiyono

Memasuki jalur ini, tersedia gerbang masuk yang terdiri dari Pulomas, Cempaka Putih, Podomoro, Kebon Bawang, Rawamangun, Jatinegara, dan Pedati. Gerbang keluar setelah melewati jalur tol Ir. Wiyoto Wiyono adalah Pisangan, Sindang, Kalimalang, Halim, hingga Salemba.

3. Tol Cawang-Pluit

Tol Pluit Tj Priok
Tol Pluit Tj Priok

Khusus untuk jalur tol Cawang-Pluit memang mempunyai lebih banyak gerbang masuk dibandingkan dengan jalur lainnya. Anda bisa memilih masuk dari gerbang  Pejompongan, Senayan, Semanggi, Jelamber, Angke, Tebet, Kuningan, Jatiluhur, Slipi, dan Tanjung Duren.

Sedangkan untuk gerbang keluarnya, Anda bisa langsung menuju ke Glodok, Mampang, Menteng, Bendungan Hilir (BenHil), Pejagalan, Cililitan, hingga Pasar Minggu.

Tarif Harga Tol JIRR

Semenjak diberlakukannya kenaikan harga tarif masuk ke dalam tol, tidak terkecuali JIRR, maka ada beberapa perubahan yang wajib diketahui bagi pengguna kendaraan yang memanfaatkan tol sebagai jalur transportasi sehari-hari. Harga yang diberlakukan berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan.

Untuk daftar tarif tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol-Pluit, berikut harga terbaru yang berlaku mulai 31 Januari 2020 sesuai peraturan Kementrian PUPR No. 1231/KPTS/M/2019:

Asal Perjalanan Tujuan Perjalanan Golongan Kendaraan
Golongan I Golongan II Golongan III Golongan IV Golongan V Golongan VI
Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/PluitCawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit1000015000150001700017000
Daftar Tarif Tol Cawang-Tj Priok Terbaru

Dengan adanya pengubahan tarif di jalur tol ini, diharapkan masyarakat bisa menanggapinya lebih bijak Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa kenaikan harga memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

Write A Comment