Setiap wilayah di Indonesia memiliki kode plat nomor yang berbeda. Secara umum, plat nomor ini adalah identitas dari sebuah kendaraan bermotor. Dengan adanya plat nomor, Anda bisa mengenali kendaraan sendiri. Jika Anda perhatikan, pada penulisan plat nomor, tersusun dari huruf-angka-huruf. Huruf pertama melambangkan kode wilayah dimana kendaraan diregistrasikan. Misalnya plat nomor T menunjukkan kode wilayah eks keresidenan Karawang, Jawa Barat. 

Tabel Plat Nomor T dan Kode Belakang Plat 

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, penulisan plat nomor kendaraan tersusun dari kombinasi yang sama, yaitu huruf-angka-huruf. Nah, masing-masing bagian ini menunjukkan maksud yang berbeda. Jika huruf paling awal menunjukkan kode wilayah, maka huruf pertama setelah angka adalah kode kota/kabupaten dan huruf paling akhir adalah huruf acak yang berfungsi sebagai pembeda. 

Plat T
Contoh Plat Nomor T

Jadi, jika plat nomor T menunjukkan kode wilayah eks keresidenan Karawang. Lalu bagaimana caranya mengetahui dari kota atau kabupaten mana kendaraan tersebut hanya dari huruf saja? Tenang, ada panduan dan patennya. Untuk lebih memahami, perhatikan tabel berikut.

Nama Kabupaten / Kota Kode Plat DepanKode Plat Belakang
Kabupaten Purwakarta TA* / B* / C* 
Kabupaten Karawang D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*
Kabupaten Subang & Bekasi T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z* 

Untuk kode huruf plat depan dan belakang yang digunakan di Kabupaten Subang juga digunakan di Kabupaten Bekasi, sama-sama menggunakan plat nomor T. Namun ada pula sebagian plat di Kabupaten Bekasi yang menggunakan kode wilayah B sebagaimana yang dimiliki oleh wilayah Jadetabek. Untuk mengecek informasi lebih lengkap mengenai status pajak kendaraan dengan plat nomor T bisa diakses di https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.

Variasi Warna Plat Kendaraan Bermotor

Nah, setelah mengetahui kode plat kendaraan bermotor serta kode wilayah yang dilambangkan, misalnya plat nomor T yang menunjukkan kode wilayah eks keresidenan Karawang, Anda juga harus tahu macam-macam warna plat kendaraan bermotor. Jika sedang di jalan, kalau diperhatikan, Anda akan menemukan beberapa variasi warna plat nomor. 

Biasanya yang sering ditemui di jalan adalah plat nomor kendaraan berwarna kuning, hitam dan merah. Selain ketiga warna tersebut, ada beberapa variasi warna plat nomor kendaraan lainnya. Nah, berikut ini adalah variasi warna dari plat nomor kendaraan bermotor tersebut beserta kegunaannya.

  1. Plat Berwarna Hitam dengan Tulisan Putih 

Ini adalah warna plat nomor kendaraan bermotor yang paling sering dijumpai. Warna dasarnya hitam sedangkan tulisannya berwarna putih. Untuk plat yang memiliki warna ini menunjukkan bahwa kendaraan tersebut adalah kendaraan pribadi. 

  1. Plat Berwarna Merah

Plat ini juga cukup sering dijumpai. Warna dasar platnya berwarna merah dengan tulisan berwarna putih. Kendaraan dengan plat nomor berwarna merah ini menunjukkan bahwa kendaraan tersebut adalah kendaraan dinas milik pemerintah. Jadi jika Anda melihat plat nomor T berwarna merah, itu artinya kendaraan tersebut adalah kendaraan dinas dari pemerintah Karawang, Subang, Bekasi dan Purwakarta. 

  1. Plat Berwarna Dasar Kuning dengan Tulisan Hitam 

Selanjutnya ada kendaraan bermotor dengan plat berwarna kuning serta tulisan berwarna hitam. Kendaraan yang memiliki plat nomor berwarna kuning ini adalah kendaraan umum seperti angkutan kota, bus antar provinsi dan lain sebagainya. 

  1. Plat Berwarna Putih dengan Tulisan Biru 

Meskipun tidak banyak dan sering dijumpai, Anda mungkin setidaknya sekali dua kali akan menemui kendaraan ini. Kendaraan dengan plat berwarna dasar putih dengan tulisan biru merupakan plat yang digunakan khusus untuk kendaraan korps diplomatik dari negara asing. 

  1. Plat Berwarna Hijau dengan Tulisan Hitam 

Kendaraan ini juga tak sering ditemui, apalagi di jalanan umum. Kendaraan yang memiliki plat berwarna dasar hijau serta tulisan hitam menunjukkan kendaraan yang digunakan di wilayah Free Trade (perdagangan bebas). Artinya, wilayah yang mendapatkan pembebasan atas bea masuk. Berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Kementrian Keuangan, jenis kendaraan ini tidak bisa digunakan di sembarang wilayah dan tidak juga bisa dimutasikan ke wilayah Indonesia lain. 

Plat Nomor Mobil
Plat Nomor Mobil

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan kode wilayah yang ditunjukkan oleh plat nomor T dan macam-macam warna plat kendaraan bermotor. Meskipun terlihat sepele, namun sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya Anda mengetahui hal-hal dasar yang berkaitan dengan peraturan lalu lintas ini. 

Write A Comment