Plat nomor merupakan bagian dari kendaraan bermotor yang letaknya berada di depan dan belakang motor. Bentuknya persegi panjang dengan aturan ukuran standar baik untuk dipasang di mobil ataupun pada motor. Tak hanya itu saja, kode yang terpasang pada plat pun berbeda-beda tergantung wilayahnya. Seperti kode plat nomor P yang menunjukkan wilayah eks karesidenan Besuki, Jawa Timur. 

Tabel Plat Nomor P dan Daerah Cakupannya 

Sebagaimana yang sudah umum diketahui bahwa huruf pertama yang tertulis pada plat nomor menunjukkan kode wilayah registrasi kendaraan bermotor. Jadi, jika pada plat tertulis plat nomor P, maka kendaraan tersebut terdaftar dalam wilayah registrasi eks karesidenan Besuki Jawa Timur. Wilayah ini kemudian mencakup beberapa daerah di dalamnya, yang mana kemudian ditunjukkan oleh huruf pertama setelah angka. 

Deretan huruf pada plat nomor yang letaknya setelah angka ini menunjukkan dari daerah mana kendaraan tersebut berasal. Nah, untuk plat nomor P yang termasuk dalam wilayah eks karesidenan Besuki, daerah yang tercakup ke dalamnya antara lain Kabupaten Bondowoso, Jember, Situbondo dan Banyuwangi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut. 

Nama Kabupaten / Kota Kode Plat Depan Kode Plat Belakang 
Kabupaten Bondowoso A*/B*/C*/D* 
Kabupaten Banyuwangi PU*/V*/W*/X*/Y*/Z* 
Kabupaten Situbondo  E*/F*/G*/H*/I*/J* 
Kabupaten Jember P  K*/L*/M*/N*/O*/P*/ Q*/R*/S*/T* 
Daftar kode belakang plat P

Jadi, setiap daerah yang termasuk dalam wilayah ekskarisidenan Besuki dan menjadi daerah dengan plat nomor P pun masih bisa dibedakan lagi dengan melihat huruf pertama setelah angka pada plat nomor. Dengan kode belakang yang berbeda inilah kendaraan kemudian jadi mudah dikenali, baik wilayah registrasinya maupun daerah asalnya. 

Contoh Plat Nomor P
Contoh Plat Nomor P

Cara Tahu Nama Pemilik Kendaraan dari Plat Nomor

Mengetahui pemilik kendaraan bermotor hanya dari plat nomornya saja kini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Apalagi beberapa daerah di Indonesia kini sudah menyiapkan situs atau platform tersendiri yang memungkinkan setiap masyarakat untuk bisa mengecek pemilik kendaraan bermotor hanya dari plat nomornya. Bagaimana caranya? 

Melalui Website Samsat 

Beberapa daerah di Indonesia kini sudah menyediakan website Samsat yang biasa diakses dengan bebas oleh masyarakat umum. Memaksimalkan keberadaan website ini untuk mengetahui identitas kendaraan dari plat nomornya. 

Memang, belum semua daerah sudah dibekali dengan website Samsat dan menyediakan fitur ini. Maka beruntunglah bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Timur, termasuk eks karesidenan dimana plat nomor P ini diregistrasikan. Anda cukup akses halaman info.dipendajatim.go.id/esamsat/ dan masukkan kode tanda nomor kendaraan bermotor dengan lengkap. Setelah itu, identitas kendaraan akan ditampilkan dengan detail.

Cek Plat Nomor P Di Esamsat Jatim
Cek Plat Nomor P Di Esamsat Jatim

Melalui Aplikasi Mobile 

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi mobile. Sedikit berbeda dengan website Samsat sebelumnya yang hanya dimiliki oleh sejumlah kecil daerah saja. Aplikasi mobile yang bisa diakses menggunakan smartphone ini justru lebih banyak. 

Untuk bisa mengecek identitas kendaraan bermotor melalui aplikasi mobile ini, tentu saja Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Setiap daerah memiliki nama aplikasi yang berbeda. Untuk wilayah Jawa Timur dimana eks karesidenan Besuki tempat kendaraan berplat P ini berada, aplikasi yang bisa digunakan bernama e-smart samsat Jawa Timur. Anda tinggal mengunduh aplikasinya dan lakukan pengecekan dengan mudah disini.

Melalui SMS 

Cara yang tak kalah mudah berikutnya adalah melalui sms. Sama seperti web Samsat sebelumnya, cara ini juga terbatas karena hanya sejumlah kecil daerah saja yang menyediakan cara ini untuk melakukan pengecekan identitas kendaraan melalui nomor tanda kendaraan bermotornya. 

Untuk mengetahui identitas pemilik kendaraan melalui sms ini, Anda bisa mengirim pesan dengan format JATIM (spasi) nomor polisinya lalu kirim ke 7070. Contoh Jatim P 1234 AB maka selanjutnya informasi kendaraan bermotor tersebut akan ditampilkan. 
Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan darimana plat nomor P berasal dan daerah apa saja yang termasuk dalam cakupan plat nomor tersebut?

Dengan informasi ini, Anda sebagai pengguna kendaraan bermotor setidaknya mengetahui informasi dasar untuk mengetahui identitas kendaraan bermotor, atau paling tidak dari wilayah mana kendaraan tersebut berasal dengan membaca huruf pertama yang tertera pada plat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Write A Comment