Jalan Tol Bali Mandara merupakan jalan bebas hambatan yang menghubungkan beberapa kota di sekitar Pulau Bali. Jika Anda hendak melewati jalan ini, berikut daftar tarif jalan tol Bali Mandara (Nusa Dua–Ngurah Rai–Benoa) terbaru di tahun 2021.

Latar Belakang Pembangunan Jalan Tol Bali Mandara

Pada mulanya, jalan tol di Bali ini akan dibangun seperti jalan tol di kota-kota lain, yakni sebuah proyek yang dilaksanakan di darat. Namun atas pertimbangan adat yang berlaku, maka proyek ini dibangun di atas laut. Pembangunan ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di wilayah Bali Selatan.

Jalan tol ini diresmikan pada 8 tahun yang lalu, tepatnya pada 23 September 2013 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Membentang sepanjang 12,7 kilometer, jalan tol ini melintasi beberapa kawasan penting di Pulau Bali, di antaranya Nusa Dua, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, dan Kota Denpasar/ Pelabuhan Benoa.

Lebih rincinya, jika Anda memasuki gerbang tol di Nusa Dua, maka rute yang dilewati adalah sebagai berikut:

  1. Ramp Nusa Dua
  2. Gerbang Tol Nusa Dua (KM 1)
  3. Ramp Ngurah Rai
  4. Gerbang Tol Ngurah Rai
  5. Simpang Susun Benoa (KM 5)
  6. Batas Wilayah Kabupaten Badung
  7. Batas Wilayah Kota Denpasar
  8. Ramp Denpasar
  9. Gerbang Tol Benoa (KM 7)

Jika Anda datang dari atau menuju ke Bandara Ngurah Rai, maka Anda bisa memilih kedua Gerbang Tol Ngurah Rai yang disebutkan di atas. Bagi Anda yang akan menuju atau datang dari Pelabuhan Benoa, maka Gerbang Tol Benoa dan Gerbang Tol Ngurah Rai bisa Anda pilih.

Jalan Tol Bali Mandara Di Atas Laut
Jalan Tol Bali Mandara Di Atas Laut

Tarif Terbaru Tol Bali Mandara

Sejak 31 Januari 2020 lalu, jalan tol Bali Mandara melakukan penyesuaian tarif tol yang didasarkan pada Keputusan Menteri PUPR Nomor: 1234/KPTS/M/2019. Adapun daftar tarif tol Bali Mandara (Nusa Dua–Ngurah Rai–Benoa) terbaru menerapkan tipe tarif flat seperti yang tertera di bawah ini:

  1. Golongan I: Rp12.500,00
  2. Golongan II: Rp19.000,00
  3. Golongan III: Rp19.000,00
  4. Golongan IV: Rp25.000,00
  5. Golongan V: Rp25.000,00
  6. Golongan VI: Rp5.000,00

Transaksi pembayaran hanya dilakukan di gerbang tol utama. Kegiatan transaksi ini hanya bisa dilakukan dengan cara pembayaran elektronik (e-money). Maka jika Anda belum memiliki e-money, sebaiknya aktivasi atau membuat terlebih dulu agar transaksi bisa lebih cepat dan mudah.

Fasilitas di Jalan Tol Bali Mandara

Suguhan pemandangan laut menjadi daya tarik utama jalan tol ini. Selain itu, Jalan Tol  Bali Mandara dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang, di antaranya:

  1. Jalur roda 2
  2. Stasiun bahan bakar kendaraan listrik
  3. Drive thru uang elektronik

Jika mengalami kendala selama perjalanan menggunakan Tol Bali Mandara ini, Anda bisa menghubungi layanan call center pada nomor berikut 14080 atau 0361 72999 yang bisa dihubungi 24 jam.

Write A Comment